Kuliner Sehat Khas Indonesia Bisa Dicoba Untuk Sarapan

Kuliner Sehat Khas Indonesia Bisa Dicoba Untuk Sarapan
Id Utama. Menu sarapan bukan hanya makan roti atau sereal saja. Makanan Khas Indonesia bisa dicoba untuk sarapan. Tidak hanya mengenyangkan tetapi lezat juga sehat dan alami.
Berikut  makanan sehat khas Indonesia yang cocok untuk sarapan.

1. Nasi Uduk, Jakarta
Nasi uduk merupakan makanan yang benar-benar lengkap. Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan, daun salam, serai, daun jeruk dan laos untuk menghasilkan rasa yang gurih. Biasanya Nasi uduk disajikan dengan semur tahu, semur jengkol, ayam goreng, sambal kacang dan taburan bawang goreng.

2. Nasi Padang, Sumatera Barat
Kuliner khas Sumatera Barat ini pun tak boleh terlewatkan. Nasi yang disajikan dengan berbagai jenis lauk, seperti ayam bakar, pepes, rendang, ikan goreng, sambal dan sayuran hijau.

3. Rawon, Jawa Timur
Rawon makanan khas Jawa Timur ini kaya akan bumbu rempah. Tampilannya seperti sup daging tetapi berwarna hitam kental. Warna itu berasal dari penggunaan kluwak pada masakan. Tambahan lainnya seperti nasi, daun bawang, sambal, tauge, dan jeruk nipis.

4. Bubur ayam, Jakarta
Ini adalah makanan  yang paling mudah untuk dicerna. Terbuat dari bubur nasi yang dipadu dengan suwiran ayam, kacang,telur, seledri, cakwe, daun bawang, dan kerupuk.

5. Pepes ikan
Hampir di seluruh Indonesia masakan ini ada. Terbuat dari ikan yang diberi bumbu tomat, cabai, daun kemangi, dan rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

6. Sayur asem
Makanan yang kaya berbagai kandungan vitamin, mineral, dan serat. Isian sayurannya ada kacang panjang, nangka muda, jagung muda, pepaya muda, labu siam, daun melinjo dan buahnya juga kacang tanah.  Disajikan dengan nasi putih dan lauk sambal teri.

7. Nasi pecel, Madiun
Kuliner yang cocok buat pecinta pedas, Terbuat dari kacang panjang, bayam, daun turi, kemangi, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang. Disajikan dengan lontong atau ketupat ditambah kerupuk atau gorengan.

Comments

Popular posts from this blog

Sandiaga Uno Ungkapan Alasan NJOP Jakarta Naik 19,5 Persen

Wow Ternyata Bandara Soekarno Hatta Kini Punya Hotel Kapsul

Ferdinand: Begitulah Demokrasi Prabowo Kalahkan Jokowi di Rakorda Demokrat Riau dan Sulsel